Geruduk MK, Warga Tulang Bawang Desak Pemungutan Ulang

Jakarta, BeritaPrima.com — Ratusan warga Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, menggeruduk Mahkamah Konstitusi untuk meminta lembaga pimpinan Mahfud MD tersebut membatalkan keputusan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tulang Bawang.

Dalam orasinya, Adel Sethiawan mengungkapkan, proses demokratisasi di Tulang Bawang terus mengalami hambatan karena adanya campur tangan kapitalisme yang disokong kekuatan politik. Padahal pemilukada sejatinya sarana mewujudkan cita-cita rakyat untuk kesejahteraan dan keadilan secara menyeluruh. Dan itu semua bisa terlaksana jika elemen penyelenggara hajat demokrasi berlaku bersih, jujur, adil, transparan dan bertanggungjawab.

“Keputusan DKPP Nomor 17, 25 Oktober kemaren jelas menyatakan bahwa seluruh komisioner KPU Tulang Bawang terbukti melakukan pelanggaran kode etik dalam tahap pencalonan. DKPP memecat seluruh komisioner KPUD Tulang Bawang,” tegasnya.

Dalam tuntutannya, Aliansi Solidaritas Masyarakat Tulang Bawang yang terdiri dari masyarakat adat, mahasiswa dan warga masyarakat tersebut meminta hakim konstitusi untuk memutuskan dilaksanakannya pemungutan suara ulang (PSU).

Sebelumnya, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memutuskan bahwa ketua dan anggota KPUD Tulang Bawang, masing-masing M. Rozy, Hariyanto, Diki Roni, Budi Jaya, dan Umiyati. dikenai sanksi pemberhentian tetap alias dipecat dari keanggotaan KPU setempat.

Pemecatan terhitung sejak dibacakannya Putusan DKPP No 17/DKPP-PKE-I/2012 yang digelar pada Kamis, 25 Oktober 2012 pukul 16.00 WIB di Media Center Bawaslu Jalan MH Thamrin No. 14 Jakarta. DKPP juga merekomendasikan kepada Sekjen KPU untuk memberi sanksi kepada Sekretaris KPU Amri Alpis karena terlibat dalam pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu tersebut.

Putusan memerintahkan KPU Provinsi Lampung untuk menindaklanjuti Putusan DKPP ini sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. DKPP memerintahkan kepada KPU dan Bawaslu untuk mengawasi pelaksanaan putusan, dan merekomendasikan kepada Sekjen KPU untuk memproses lebih lanjut pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu yang dilakukan Amri Alpis selaku Sekretaris KPU Kabupaten Tulang Bawang.

About Author

beritaprima.com

BeritaPrima.com merupakan portal berita utama nasional yang lebih mengedepankan aktualitas dan ketajaman dalam mengungkapkan fakta di lapangan.

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*